FPI dibubarkan, pendapat saudara?

Assalamualaikum saudara semua

Alhamdulillah bisa update lagi, karena banyak melihat makin semrawutnya negeri ini, dari perihal pencarian ketua umum KPK hngga Kasus Ariel Peterporn. Yang menarik perhatian saya yaitu perihal tuntutan untuk pembubaran Front Pembela Islam atau lebih dikenal dengan FPI. Hal ini berkaitan dengan pembubaran kegiatan Penyuluhan keseharan di Banyuwangi yang diduga dilakukan oleh FPI karena ditengarai kegiatan itu membawa misi menghidupkan Komunisme. berikut sedikit kronologisnya dari antara news :

(ANTARA News) – Front Pembela Islam (FPI) bersama Forum Banyuwangi Cinta Damai dan LSM Gerak membubarkan acara sosialisasi kesehatan gratis yang digelar Komisi IX DPR di salah satu rumah makan di Kelurahan Pakis, Kabupaten Banyuwangi. Melihat suasana yang semakin memanas, panitia segera mengevakuasi Ribka dan Rieke  ( perwakilan DPR ) yang hadir.

Menurut Ketua FPI Banyuwangi, pertemuan itu merupakan acara temu kangen bekas anggota PKI dan keturunannya, sehingga pertemuan tersebut harus dibubarkan. “Sosialisasi kesehatan gratis dari Komisi IX hanya sebagai kedok. Saya curiga acara itu merupakan kegiatan terselubung untuk menumbuhkan semangat komunisme lagi karena banyak peserta dari luar Kabupaten Banyuwangi yang datang,” kata Aman.

Untuk itu, lanjut dia, FPI bersama organisasi masyarakat Islam di Banyuwangi membubarkan acara tersebut untuk menjaga kondusivitas keamanan di kabupaten paling timur Pulau Jawa itu. “Kami mengantisipasi tumbuhnya bibit PKI baru karena gerakan PKI pada tahun 1965 berawal dari Kabupaten Banyuwangi,” katanya menambahkan.

Ancaman Pembubaran

Hal ini langsung mendapat protes yang keras dari kalangan Masyarakat. Banyak kecaman yang terjadi bahwa FPI telah melanggar Hukum dengan melakukan tindakan sewenangnya.  Jika dipahami lebih baik alasan FPI memang sangat beralasan yaitu mencegah bibit baru PKI tumbuh kepermukaan, saya harap mereka mempunyai Bukti mengatakan statemen seperti itu.

Banyak kecaman yang mulai tumbuh, terutama dari Pihak PDI P sebagai perwakilan Fraksi DPR yang datang kesana. Gerakan gerakan nasionalis pun mulai bermunculan mengadakan aksi yang meminta pembubaran FPI . Dari forum online pun banyak yang menginginkan pempubaran tersebut. banyak tokoh juga yang mengecam seperti Ulil Absor Abdalla ( JIL) yang mendukuing sekali pembubaran FPI tersebut, ada statemen bahwa Ulil lah yang meluapkan adu domba antara FPI dan PDI P

Apa jawaban FPI????

FPI merasa difitnah dalam kasus pembubaran acara tersebut.  FPI menolak tuduhan bahwa organisasi itulah yang bertanggung jawab karena bukan dari FPI sendiri. Munarman, Kepala Bidang Nahi Mungkar Front Pembela Islam (FPI), menyatakan pengaduan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ribka Tjiptaning ke polisi tak jelas. Munarman mengatakan bahwa tidak ada satupun orang FPI disana.  Munarman menyatakan telah mengecek FPI wilayah Banyuwangi bahwa mereka tidak melakukan tindakan tersebut.

Diduga ada agenda Khusus untuk membubarkan FPI

memang banyak spekulasi bahwa kasus ini ada agenda khusus yang menungganginya. Munarman di acara TV One kemarin berpendapat sudah banyak sekali agenda agenda yang dilakukan untuk meruntuhkan kekuatan FPI ini. Seperti kasus diatas nampak bahwa akan memicunya pertiakian antara ormas FPI dengan PDI P yang bermuara dengan pelaporan dan permintaan pembubaran.

tanggapan FPI >>

Front Pembela Islam menanggapi dingin tuntutan pembubaran. “Kami sudah biasa dituntut seperti itu,” ujar Panglima FPI Tubagus Muhammad Siddiq.

Menurutnya, sejak berdiri pada 1998, organisasi itu, banyak tuntutan yang mendesak mereka untuk bubar. Tuntutan paling keras dilontarkan mantan Presiden Abdurrahman Wahid sebagai buntut Tragedi Monas 1 Juni 2008. “Tapi sampai Gus Dur dipanggil Allah, kami masih tetap berdiri,” kata Siddiq.

Perlu nggak sihh FPI

Maaaf sebelumnya, ini pendapat pribadi sang penulis ( ali murtadlo). FPI merupakan Ormas Islam yang jujur apa adanya dan berani bertindak untuk mengajak makruf dan menghancurkan kemungkaran. Hal ini yang saya salut kepada mereka. Namun jika dibenturkan dengan negara hukum dan nasional seperti Indonesia, tindakan mereka sering terlampau sewenangnya dan tidak mengikuti aturan yang ada. sehingga sering dikecam melanggar HAM dan Hukum

Tindakan mereka adalah Mulia, dimana mencoba menghiangkan PSK, Minuman keras, Judi. dan maksiat yang lainnya. Namun mungkiin Caranya saja yang kurang ” Ramah”. Kalo saya sendiri seehh tidak perlu ddibubarkan, namun diadakan perombakan sedikit dalam metode kerja mereka sehngga tidak melanggar HUkum.

Usul saya ada sinergi FPI sebagai Relawan Akhlak dengan POLISI untuk memberantas kemungkaran

Maaf  jika ada yang beda pendapat.  saya mohon saudara juga memberikan tanggapan dan argumentasinya

Wassalamualaikum, salam Ukhuwah

15 thoughts on “FPI dibubarkan, pendapat saudara?

  1. memang semua itu ada tempatnya kawan,. dimana kita harus melakukan dengan lemah lembut atau dengan perjuangan fisik.namun jika indonesaia ini ya kita pakai jalan damai

  2. Setuju dengan penulis.. semoga segera direspon dan dirubah sistem kinerja FPI. sangat jelas main hakim sendiri di negara hukum itu salah.

  3. klop deh ama maz cloudtax (penulis)..namun kalau tentang pembubaran FPI..eehhmmm,kayaknya musti pikir-pikir dulu deh.. pembubaran FPI atau ormas lainnya “SAAT INI” hanya bisa dilakukan oleh pemerintah sesuai dengan UU no.8 th 1985 tentang organisasi kemasyarakatan.mau tau bunyi undang-undangnya kayak apa..cari tau ndiri ya di internet. Gampang kok brow..met browsing ja y,salam.

  4. FPI (Fron Pembela Islam)?? siapa yang dibela? dan siapa membela siapa? mereka lbh banyak menebang saja tnp menggali smp akar.
    tempat2 prostitusi yg relatif besar justru aman2 saja. di kota atau doly apa mereka sentuh?? apa krn tmpt2 itu mempunyai backing2 yg kuat?
    FPI sndiri banyak melenceng dr islam it sndiri. dimana islam yg welas asih, bijaksana, cinta damai?
    di negara hukum spt indonesia ini, aksi2 mereka sudah di luar batas. jd kl memang tdk ada perubahan dalam setiap melakukan aksi (kekerasan), saya pribadi setujuu bila FPI d bubarkan saja. malu sama jubah putih dan peci putih yg suka mereka kenakan padahal hati mereka masih dangkal.
    mohon maaf bila ada yg tidk berkenan. trm ksh.

  5. Amar ma’ruf memang terkesan mudah, Nahi munkar yg sangat sulit. Islam memang welas asih tapi disisi lainnya Islam mengajarkan ketegasan dan hukuman yg keras bagi pelanggarnya. Misalkan hukum rajam bagi pezina yg sudah kawin. Akhlak yg buruk itu sangat mudah menular kawan. Lalu bagaimana mencegahnya bila tdk ada ketegasan antara haq dan bathil?

  6. saya g ngerti ko da yang mau berbuat baek dengan memberangus kemungkaran dan kemaksiatan malah pengen di bubarkan tapi kalo yang melakukan maksiat malah didukung. gimana sih!!!
    harusnya FPI harus didukung dan kemaksiatan harus dihancurkan. dan buat masalah kekrasan itu g papa masa orang mabok,pezina,preman,dan kemungkaran lainnya harus pake kelembutan, y dimana mana juga harus pake kekerasan jangn munfik dh.
    MAJU TERUS FPI, BILA PERLU BUNUH AJA ORNG YANG MELAKUKAN KEMAKSIATN JANGAN DI KASIH AMPUN.
    ALLAHUAKBAR!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  7. menurut saya yang paling utama bukan masalah mesti dibubarkan. seandainya dibubarkan pastilah akan muncul kelompok lain yang berganti baju saja. tetapi kalau tidak dibubarkan tindak-tindakan yang ada juga telah melampoi nilai esensi sebagai manusia; Makhluk yang berakal budi.
    jadi menurut hemat saya yang mesti dilakukan adalah lebih memperhatikan pendidikan meraka ( umumnya pada masyarakat dan anggota FPI pada Khususnya) agar mereka dapat berfikir dengan jernih sehingga mampu bertindak secara bijak. selayaknya orang berpendidikan dan beradab. dan dapat mengunakan pikiran dan perasaan mereka secara benar.

    salam satu jiwa

  8. BUBARKAN FPI, BILA PERLU BUNUH AJA ORNG YANG ANGGOTA FPI & YG MENDUKUNG SERTA JANGAN DI KASIH AMPUN.
    ALLAHUAKBAR!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  9. harusnya pemerintah bersikap tegas dengan ormas2 semacam ini,gag cuma sama fpi aja..

    lama.kelamaan kalo metode seperti ini dikembangkan bangsa ini bakalan menjadi seperti orde lama dulu,masing2 ormas dg partai masing2 saling berantem,saat ini mungkin aja fpi ada di atas angin,mksd nya blm terlihat ada ormas lain yg jg menentang dg menggunakan kekerasan,tp lama kelamaan jika pemerintah absen hal itu bs terjadi.

    kenapa NU dg Anshor nya yg pny anggota sangat buanyak tidak pernah melakukan kekerasan,sweping penggerebekan dll???apa NU gag pengen membrantas maksiat?

    NU yg sudah sangat lamaaa berdiri menyadari di masa orde lama metode2 membrantas maksiat (dl orang komunis) dg kekerasan bukanlah cara yg tepat..meski pun akhirnya komunis tumbang tp byk org yg menjadi korban prahara tersebut,gag sekedar dipkulin pake pentungan tp sampe dibunuh juga…dan kaum agami (termasuk NU) menyadari itu bukan solusi..

    FPI baru aja berdiri jd mngkin krng memahami hal yg seperti itu,kalo benar pngn merubah bangsa ini lakukan dg cara yg lebih elegan bukan sekedar politik jalanan.bikin partai aja kl bener masyarakat simpati pasti partai fpi menang..

    Pemerintah hrs nya tegas donk,sweeping,mukulin org,ngobrak abrik tempat org,jika tdk dilakukan pihak berwenang (polisi) secara hukum tetep salah,kl hal itu dibenarkan berarti hukum sudah tdk berguna lagi

    usulan penulis untuk menjadikan fpi sbg relawan aklak bersama polisi lbh tdk masuk akal lagi..emng fpi sapa??kl ga ditentukan batasannya malahan bs seakan-akan menjadi legalisasi utk melakukan kekerasan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s